HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Sejarah Pengadilan Negeri

page

Sejarah Pengadilan

Di halaman ini dijelaskan mengenai sejarah Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur                                                                                                                                                       

Penyelesaian Gugatan Sederhana

Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang dikenal sebagai “BUMI SEPUCUK NIPAH SERUMPUN NIBUNG” terbentuk dari pemekaran Kabupaten Tanjung Jabung menjadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pembentukan Kabupaten Tanjung Jabung Timur adalah berdasarkan Undang-Undang No. 54 Tahun 1999 tanggal 04 Oktober 1999 tentang pembentukan Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dengan terbentuknya Kabupaten Tanjung Jabung Timur, maka dalam rangka pemerataan untuk memperoleh keadilan dan peningkatan pelayanan di bidang hukum kepada masyarakat Tanjung Jabung Timur, serta demi tercapainya penyelesaian perkara dengan sederhana, cepat dan biaya ringan maka dibentuklah Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur berkedudukan di Muara Sabak yang wilayah hukumnya meliputi seluruh wilayah administratif Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur dibentuk berdasarkan Keppres No. 1 Tahun 2006 tanggal 14 Pebruari 2006 Tentang Pembentukkan Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Pengadilan Negeri Tebo, Pengadilan Negeri Sarolangun, Pengadilan Negeri Kutai Barat, Pengadilan Negeri Mandailing Natal dan Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur jo. Keppres No. 24 Tahun 2006 tanggal 12 Desember 2006 Tentang Pembentukkan Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Pengadilan Negeri Tebo, Pengadilan Negeri Sarolangun, Pengadilan Negeri Kutai Barat, Pengadilan Negeri Mandailing Natal dan Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.

Terbitnya Keppres No. 24 Tahun 2006 sebagai perubahan atas Keppres No. 1 Tahun 2006 adalah karena dalam Keppres No. 1 Tahun 2006 disebut bahwa wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur selama ini termasuk daerah hukum Pengadilan Negeri Jambi, sedangkan yang sebenarnya adalah daerah hukum Pengadilan Negeri Kuala Tungkal, sehingga diterbitkan Keppres No. 24 Tahun 2006 yang mengatur tentang pengalihan daerah hukum dan perkara dari Pengadilan Negeri Kuala Tungkal ke Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.

Dengan terbitnya Keppres No. 1 tahun 2006, Mahkamah Agung melalui Pengadilan Tinggi Jambi berdasarkan DIPA No. 0019.0/005-01.0/-/2006 Tanggal 31 Desember 2005 telah membangun Gedung Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur yang berlokasi di Komplek Perkantoran Bukit Menderang Desa Rano Muara Sabak. Komplek Perkantoran Bukit Menderang adalah komplek tersendiri yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, terpisah dari zona pemukiman dan perdagangan.

Peresmian berdirinya Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur dilaksanakan secara bersamaan pada saat peresmian 4 (empat) Pengadilan Negeri yang baru, yaitu :

  • Pengadilan Negeri Sambas
  • Pengadilan Negeri Sarolangun
  • Pengadilan Negeri Tebo
  • Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.

yang diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung, yaitu Prof.Dr.Bagir Manan,SH di Sambas, Kalimantan Barat pada tanggal 31 Juli 2007.

Peresmian pemakaian gedung Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur dilaksanakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur (Ibnu Basuki Widodo,SH.MH) pada hari Senin tanggal 27 Agustus 2007 di Tanjung Jabung Timur, dengan pembukaan selubung papan nama oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jambi (Her Basuki Sukendro,SH) dan pengguntingan pita oleh Bupati Tanjung Jabung Timur (Drs.H.Abdullah Hich).

Secara riil pelaksanaan tugas dan wewenang Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur sebagai peradilan umum dimulai pada saat pelimpahan berkas perkara pidana dari Kejaksaan Negeri Muara Sabak pada tanggal 02 Oktober 2007, dan sidang perdana dilakukan pada tanggal 24 Oktober 2007.

Adapun personil perintis pada saat mulai beroperasinya PN.Tanjabtim, adalah :

  • Wakil ketua                    : PARTAHI TULUS HUTAPEA, SH.,MH.
  • Ketua                            : IBNU BASUKI WIDODO, SH.,MH.
  • Hakim Anggota :
    • NOOR ICHWAN ICHLAS RIA ADHA, SH.
    • IRWIN ZAILY, SH.
    • HARI SUPRIYANTO, SH.MH.
  • Panitera/Sekretaris          : AMIN S., SH.
  • Wakil Panitera                : Y.EFFENDI SALEH, SH.
  • Panitera Muda Pidana      : ALIDIN, SH.
  • Panitera Pengganti          : M. ISA.